Minggu, 22 Maret 2015

Keunikan Air Hujan

http://gudanginfoanyar.blogspot.com/2015/03/probiotik-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan.html





Apakah arti hujan? Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara.

Kandungan air hujan berasal dari reaksi zat-zat yang ada di atmosfer dengan butiran air yang melewatinya. Selain itu air ini juga bereaksi dengan gas yang terdapat di atmosfer. Zat-zat yang ikut bercampur dengan air hujan berupa zat padat yang mudah larut dan gas. Kandungan air hujan berbeda-beda dan tergantung pada tempatnya. Akibatnya, kandungan air hujan akan berbeda-beda di setiap tempat.

Di daerah laut terbuka sampai daerah yang dekat dengan pantai, air hujan akan lebih banyak mengandung garam, CO2 dan bersifat asam. Sedangkan air hujan di darat punya kandungan yang berbeda. Kandungan garamnya jauh lebih sedikit. Apalagi jika di kota-kota yang padat penduduknya, seperti Surabaya, Medan, Jakarta dan kota-kota besar lainnya banyak berasal dari sisa-sisa polusi udara.

Dapat disimpulkan bahwa kandungan air hujan yang turun di setiap daerah itu berbeda-beda, tergantung dari kondisi geologi, jumlah penduduk, dan aktifitas yang dilakukan oleh manusia di daerah tersebut. Demikian sedikit wawasan tentang hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar